Ruang Publik Kampus

10:19 PM





 oleh: Herdi Herdiansyah
Ruang publik menjadi penting dalam kehidupan mahasiswa. Sebagai seorang pelajar yang hampir seluruh kegiatannya di kampus, mahasiswa memiliki kebutuhan semacam tempat untuk sekedar berkumpul, atau menunggu waktu masuk kuliah. Mahasiswa yang tinggal di kosan biasanya memilih kosan sebagai tempat utama untuk menunggu jam kuliah berikutnya selain depan pintu kelas. Tapi, tidak sedikit juga mahasiswa yang mencari ruang-ruang di kampus untuk dijadikan tempat berkumpul atau berkegiatan.
            Mahasiswa terkadang merasa kebingungan dalam memilih tempat berkumpul, ditambah teman yang mulai sibuk sendiri dengan kegiatannya. Interaksi di antara mahasiswa sangat terbatas jika lingkungan yang menjadi pilihan utama hanya kosan atau ruang terbatas lainnya. Maka, diperlukan sebuah tempat untuk berkumpul antar mahasiswa dari berbagai jurusan tanpa terikat ruang dan waktu.
            Penggunaan fasilitas ruang publik menjadi solusi atas permasalahan social yang dialami mahasiswa. Namun, ada beberapa criteria tentang ruang publik yang baik di antaranya: ruang yang nyaman, fasilitas yang memadai, lanskap yang memiliki jangkauan yang luas. Ruang yang nyaman dapat dibangun dari lingkungan. Pepohonan atau daerah yang bersih bisa jadi alasan bagus. Fasilitas yang diperlukan di ruang publik adalah tempat duduk, ruang yang bisa mencakup banyak orang. Lanskap dengan jangkauan luas memberikan kesan bebas bergera, terhindar dari polusi udara kendaraan bermotor, dan memberi ruang gerak lebih.
            Ruang publik haruslah menjadi tempat yang memacu komunitas atau kelompok orang untuk melakukan kegiatan positif. Karena adanya kerjasama kolektif, maka tingkat stress yang dialami mahasiswa akan tertekan. (Herdi Herdiansyah)

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook